Pekerjaanku

Halaman ini dikhususkan berisi hal-hal yang terkait dengan kegiatan saya sebagai karyawan di Pusat Laboratorium Terpadu dan staf pengajar di Fakultas Sains dan Teknologi-UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tuesday, March 06, 2007

Pengembangan pondok pesantren berbasis agribisnis

Hari ini aku meeting di kantor Dirjen Perdangan Dalam Negeri - Departemen Perdagangan. Meeting dipimpin langsung oleh Bp Eddy Suseno (Sekretaris Dirjen) dan dihadiri oleh beberapa orang dari Dirjen Perindustrian, Dirjen Perikanan, dan dari beberapa Pimpinan Pondok Pesantren. Sedangkan wakil dari Dirjen Pertanian dan Dirjen Pendidikan Diniah dan Pondok Pesantren tidak dapat hadir.

Meeting tersebut bertujuan membahas rekomendasi pondok pesantren yang akan dijadikan pesantren model untuk proyeksikan menjadi pondok pesantren berbasis agribisnis yang mengembangkan ekonomi kerakyatan. Hal tersebut dilandasi oleh pemikiran bahwa pondok pesantren memiliki sumber daya manusia dan kelembagaan yang berpotensi untuk menjadi pendorong pembangunan wilayah dan daerah, mengingat keberadaan pondok pesantren yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Presenter dari salah satu pondok pesantren yang hadir menjelaskan bahwa pondok pesantrennya memiliki usaha penggemukan sapi, kemudian kotoran sapi dicampur dengan dedaunan dari petani untuk diolah menjadi pupuk yang akan diberikan cuma-cuma kepada petani, kemudian hasil panen petani yang berupa rempah-rempah dibeli oleh pondok pesantren dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli pedagang pengumpul (tengkulak).

0 Comments:

Post a Comment

<< Home