Pekerjaanku

Halaman ini dikhususkan berisi hal-hal yang terkait dengan kegiatan saya sebagai karyawan di Pusat Laboratorium Terpadu dan staf pengajar di Fakultas Sains dan Teknologi-UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Monday, July 03, 2006

Pengembangan e-Learning

Perkembangan pesat di bidang teknologi khususnya teknologi komunikasi dan elektronika telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai kegiatan bisnis, dan pendidikan. Konsep-konsep bisnispun sudah mulai terasa usang dan kerenanya diperlukan re-orientasi terhadap konsep bisnis yang dapat diterapkan guna keunggulan bersaing perusahaan. Begitupun dalam bidang pendidikan.

Salah satu konsep yang diperkenalkan adalah sistem pembelajran elektronik atau E-Learning (Marc J.Rosenberg, 2001). Mengapa E-Learning? Karena kemajuan yang demikian pesat dalam teknologi elektronika dan telekomunikasi, ditentukan oleh faktor manusianya yang terus belajar dan teknologi tersebut hanyalah media semata. E-Learning merupakan suatu konsep belajar yang disusun dengan dukungan teknologi informasi yang akan memberikan dampak positip bagi peningkatan kualitas dan juga efisiensi dunia pendidikan tinggi.

Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pendidikan, dengan sasaran yang secara cermat dipilih, bahan ajar yang berkualitas, serta metodologi pengajaran yang tepat, akan mampu meningkatkan ketersideaan akses belajar yang tidak terbatas ruang dan waktu.

Fakultas Sains dan Teknologi yang memiliki komitmen tinggi untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa berupaya untuk menyediakan akses belajar yang tak terbatas ruang dan waktu tersebut

Tujuan dari pembangunan sistem pembelajaran elektronik ini adalah sebagai berikut:
1. Memberikan ketersedian akses belajar yang seluas-luasnya kepada para peserta atau calon peserta belajar tanpa keterbatasan ruang dan waktu., karena koleksi perpustakaan dapat diakses melaui jaringan internet.
2. Memberikan pilihan metode belajar dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi.
3. Meningkatkan hasil belajar mahasiswa sehingga menghasilkan sarjana-sarjana yang selain memiliki kemampuan akademis, juga memiliki ketrampilan teknis yang kompetitif dan kemampuan kompetensi profesional yang mantap.

Dengan tersedianya sistem perpustakaan elektronik di Fakultas Sain dan teknologi, maka diharapkan :
1. Tersedianya media belajar yang dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.
2. Tersedianya akses sumber belajar dan informasi yang seluas-luasnya bagi mahasiswa dan dosen dalam meningkatkan kemampuan akademisnya.
3. Menjadi motivator baru dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar.
4. Dapat menyimpan informasi, literatur, skripsi, maupun karya ilmiah mahasiswa dan dosen Fakultas Sains dan Teknologi sehingga dapat diakses oleh oleh seluruh peserta belajar secara onlilne.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home