Pekerjaanku

Halaman ini dikhususkan berisi hal-hal yang terkait dengan kegiatan saya sebagai karyawan di Pusat Laboratorium Terpadu dan staf pengajar di Fakultas Sains dan Teknologi-UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Monday, July 03, 2006

Pengembangan e-Library

Fakultas Sains dan Teknologi memiliki komitmen yang tinggi terhadap upaya meningkatkan kualitas pendidikan, pengembangan sarana dan prasarana pendidikan. Upaya meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu variabel yang dapat meningkatkan motivasi para mahasiswa dalam menekuni kegiatan-kegiatan akademik. Salah satu sarana itu adalah penambahan dan pembaharuan sarana perpusatakaan.

Perpustakaan yang terdapat di Fakultas Sains dan Teknologi terdiri atas perpustakaan Fakultas dan Perpustakaan Jurusan/program Studi yang telah memiliki sejumlah koleksi buku, majalah, dan tabloid yang cukup banyak. Dan keseluruhan koleksi pustaka tersebut pada umumnya masih dalam format buku (hard copy).

Tantangan baru teknologi informasi khususnya untuk penyedia jasa informasi adalah bagaimana menyalurkan informasi dengan cepat, tepat, dan global. Perpustakaan sebagai salah satu penyedia informasi yang keberadaannya sangat penting di dunia informasi, mau tidak mau harus memikirkan kembali bentuk yang tepat untuk menjawab tantangan ini.

Dalam rangka menjawab tantangan tersebut di atas, maka dengan ini kami mengajukan pembangunan sistem perpustakaan elektronik (e-library) yang menyediakan koleksi pustaka dalam format digital (virtual). Perpustakaan elektronik atau virtual library adalah perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, dan suara dalam bentuk file elektronik atau data digital dan mendistribusikannya dengan menggunakan protokol elektronik melalui jaringan komputer.

Tujuan dari pembangunan system perpustakaan elektronik ini adalah sebagai berikut:
1. meningkatkan motivasi belajar secara aktif dan madiri sehingga meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar.
2. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, karena koleksi perpustakaan dapat diakses melaui jaringan internet.
3. Meningkatkan hasil belajar mahasiswa sehingga menghasilkan sarjana-sarjana yang selain memiliki kemampuan akademis, juga memiliki ketrampilan teknis yang kompetitif dan kemampuan kompetensi profesional yang mantap.

Dengan tersedianya sistem perpustakaan elektronik di Fakultas Sain dan teknologi, maka diharapkan :
1. Tersedianya sumber belajar dan akses informasi yang seluas-luasnya bagi mahasiswa dan dosen dalam meningkatkan kemampuan akademisnya.
2. Menjadi motivator baru dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar.
3. Dapat menyimpan informasi, literatur, skripsi, maupun karya ilmiah mahasiswa dan dosen Fakultas Sains dan Teknologi sehingga dapat diakses oleh oleh seluruh anggota perpustakaan secara onlilne.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home